03 Agustus, 2013

Bawaslu Bisa Efektif Jika Punya Alat Sadap

Jumat, 2 Agustus 2013 | 5:29


Boni Hargens. [Dok. SP]

[JAKARTA] Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Boni Hargens mengatakan, kinerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam mengawasi proses pemilu akan lebih efektif jika mereka dibekali dengan alat penyadap seperti yang dimiliki oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Bawaslu seharusnya diberi fasilitas alat penyadap sehingga mereka mampu memonitor penyelenggara pemilu, partai politik dan calon legislatif sehingga pelanggaran dan kecurangan pemilu dapat ditekan," kata Boni dalam sebuah diskusi di kawasan Sarinah, Jakarta, Kamis (1/8).

Menurutnya, alat sadap yang biasa dipakai untuk pengintaian itu memiliki daya tembus pada kejahatan pemilu terutama untuk kasus-kasus yang tersembunyi.

KPK sendiri merupakan lembaga negara yang memiliki kewenangan khusus dalam penyadapan demi memberantas tindakan korupsi.

Boni mengatakan Bawaslu harus memiliki kewenangan khusus mirip KPK agar mampu memberantas berbagai penyelewengan terkait pemilu.

Senada dengan Boni, Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie Massardi menginginkan Bawaslu untuk bertindak melebihi wewenangnya seperti KPK yang proaktif menangkap para pelanggar.

"Seharusnya Bawaslu bertindak melebihi wewenangnya seperti KPK yang proaktif menangkap para pelanggar. Bukan menunggu ada laporan kemudian bergerak mengusutnya," kata Adhie.

Dia meyakini jika Bawaslu bertindak proaktif maka berbagai permasalahan pilkada seperti di Jawa Timur dan Tangerang tidak terjadi. Bahkan menurutnya, persoalan pilkada itu jika tidak ditangani dengan baik dapat menjangkiti Pilpres 2014.

"Bawaslu harus bertindak seperti KPK karena saya khawatir proses pilpres terjangkiti oleh kasus seperti pada pilkada," katanya.

Komisioner Bawaslu Nasrullah memberikan tanggapan dari Adhie yang mengatakan bahwa pihaknya memiliki perbedaan dengan KPK.

"Sayang sekali Bawaslu itu tidak diciptakan seperti KPK. Bawaslu lembaganya itu sampai ke level daerah, tingkat independensinya juga berbeda-beda dan mereka mudah 'masuk angin' (mudah digoda oleh pihak tak beranggungjawab)," katanya.
[Ant/L-8]
http://www.suarapembaruan.com/home/bawaslu-bisa-efektif-jika-punya-alat-sadap/39438

Tidak ada komentar:

Posting Komentar