03 Agustus, 2013


Pasangan Khofifah-Herman Sumawiredja, didampingi kuasa hukum mereka, Otto Hasibuan,
saat menghadiri sidang DKPP di Jakarta, Rabu (31/7/2013)

LPI: Penjegalan Paslon Kepala Daerah Sebagai Bentuk Politik Kartel
Jumat, 2 Agustus 2013 | 04:58:52

Jakarta, PenaOne – Mencuatnya kasus penjegalan pasangan calon (paslon) Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Herman Sumawiredja, dan Paslon Walikota-Wakil Walikota Tanggerang Arief – Sachrudin ialah fakta kejahatan Politik Kartel. Hal ini karena pelakunya tidak berdiri sendiri, melainkan ada campur tangan dari institusi resmi yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens dalam acara diskusi mingguan KJPP, bertajuk Menguak Kecurangan Pilkada di Indonesia di Media Center Bawaslu, Gedung Sarinah Lantai 12, Jakarta, Kamis(1/8/2013).

Politik kartel itu satu kategori dengan political crime, mustahil ini bukan ketidaksengajaan. Ini jelas pelanggaran pemilu. Saya yakin KPU ikut terlibat melakukan kejahatan, dan saya juga yakin bukan hanya ke-tiga dari anggota KPU yang dicopot itu, tetapi Ketua KPU pun harus bertanggung jawab,” kata Boni.

Diketahui belum lama ini, DKPP menjatuhi sanksi berupa teguran kepada Ketua KPU Jatim, serta pemberhentian sementara bagi 3 komisioner KPU Jatim. Dengan terkuaknya kasus ini, Boni pun berharap dapat menjadi titik awal yang baik kedepan, agar pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) selanjutnya bisa berjalan adil dan bersih.

Harapan kita kedepan praktek-praktek politik kartel semacam ini tidak terjadi lagi, tidak boleh ada permainan. Jatim itu satu daerah dengan potensi yang luar biasa untuk tingkat pemilu nasional. Mafia politik di Jatim itu sangat tinggi,” ujarnya.

Menurut Boni, penyelesaian dari kasus Jatim tidak hanya berhenti pada putusan DKPP tersebut, melainkan harus ditindaklanjuti ke tingkat lainnya.

Kita harap Bawaslu diberi kekuasaan dengan diberikan penyadapan agar bisa mengungkap fakta-fakta di lapangan,” pungkasnya. (imm)

Penulis : Sondang Barlian Siregar

http://penaone.com/lpi-penjegalan-paslon-kepala-daerah-sebagai-bentuk-politik-kartel.html#sthash.igrGYmwp.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar